Rabu, 19 Februari 2014

Kulia Perdana Prilaku Konsumen

Konsumen?? Sebuah kata yang tidak asing di telinga kita. Semua orang pasti sering mendengar kata-kata ini dalam kehidupan sehari-hari. Konsumen biasanya dikenal dengan banyak kata, antara lain : pelanggan, pembeli, orang yang bertransaksi, dan masih banyak lagi. Untuk mengenal lebih jauh tentang konsumen baik yang mencakup faktor psikologis, sosial budaya konsumen, maupun proses pengambilan keputusan konsumen kita dapat mendapatkannya melalui mata kuliah Perilaku konsumen. Kuliah perdana Perilaku Konsumen dibimbing langsung dengan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.
Dalam buku Perilaku Konsumen Edisi Kedua karya Profesor Ujang, istilah perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Banyak pendapat tentang perilaku konsumen, karena perilaku konsumen sangat bervariasi tergantung oleh psikologis masing-masing konsumen. Uniknya, perilaku konsumen terkadang rela melakukan apa saja atau “kekeuh” demi mendapatkan apa yang diinginkannya walaupun sebenarnya tidak terlalu penting untuk keperluannya. Nah.. ini yang membuat konsumen kita terkadang disebut konsumen yang tidak sehat. Sebaiknya, setiap konsumen harus memprioritaskan keperluan yang benar-benar ia butuhkan.

Perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pendapatan, selera konsumen, dan harga barang, disaat kondisi yang lain tidak berubah (ceteris paribus). Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya. Tingkat kepuasan inilah yang berbeda dimiliki oleh masing-masing konsumen. Untuk memenuhi kepuasan inilah yang membuat konsumen rela melalukan apa saja sehingga berakibat pada keborosan. Ayo... jadilah konsumen yang cerdas dalam memilah keperluan yang menjadi prioritas kita. Konsumen cerdas, akan membatasi pembelanjaan keperluan yang belum begitu dibutuhkan dan meprioritaskan keperluan yang lebih dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar